Beranda / Berita / Federal Oil

Deteksi Motor Injeksi Ngebul, Bisa Jadi Ini Sebabnya

Tanggal : , Penulis : tigor

Deteksi Motor Injeksi Ngebul, Bisa Jadi Ini Sebabnya

(BACA JUGA : Ada Isyana Sarasvati di Iklan Yamaha Terbaru, Cantik Banget! Intip Yuks Feders....)

1. Ring piston aus
Biasanya motor sudah digunakan cukup lama, sudah tahunan sehingga ring piston aus. Karenanya oli akan mudah merembes masuk ke ruang pembakaran.

“Kalau sudah aus, jalan terbaiknya harus diganti dengan ukuran yang sama, karena ring piston tidak dapat dimodifikasi,” jelasnya.

2. Piston baret
Biasanya terjadi kalau sering terlambat ganti oli mesin. Baret biasanya karena ada kotoran atau kerak yang menggerus dinding piston, sehingga dinding piston menjadi baret. Dari baret itulah oli masuk ke ruang pembakaran.

Saifudin menyarankan, piston harus diganti baru. Namun jika dinding silinder baret juga, maka harus di-corter dan ganti piston dengan diameter yang lebih besar, atau istilah lainnya oversize.

3. Sil klep keras atau getas
Pada sil klep yang sudah keras atau getas, ini membuat oli yang ada di kepala silinder bisa turun ke ruang bakar kemudian ikut terbakar.

Faktor sil klep keras lebih kepada masa pemakaiannya memang sudah lewat atau kadaluarsa, ditambah suhu mesin yang tinggi.

4. Klep bocor
Terjadinya kebocoran pada klep karena ada kotoran atau kerak sisa pembakaran yang kemudian menghambat dinding klep, atau juga dikarenakan penyetelan klep tidak rata.

Tindakan yang harus dilakukan, dengan skir ulang klep. Supaya hasil skir awet, sebaiknya saran Saifudin, saat melakukan skir menggunakan kompon yang tidak mudah mengikis. (Federaloil.co.id)

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine