Beranda / Berita / Kawasaki

Kawasaki Riset Mesin Supercharger untuk ZX-14R

Tanggal : , Penulis : admin

Kawasaki Riset Mesin Supercharger untuk ZX-14R

Kawasaki Heavy Indutries, Ltd mengungkapkan bahwa mereka telah meriset teknologi supercharger untuk mesin empat silinder segaris miliknya. Kabarnya mesin tersebut akan digunakan oleh Kawasaki ZX-14R.

Saat berlangsungnya gelaran Tokyo Motor Show (TMS) 2013, Kawasaki menyampaikan informasi penting. Pasalnya, untuk pertama kalinya Kawasaki menjelaskan tentang keumungkinannya untuk menggunakan teknologi supercharger pada produknya.

Memang tidak banyak informasi yang diungkap. Namun, mesin tersebut sepertinya akan diaplikasikan pada Kawasaki ZX-14R. Moge ini dikenal sebagai salah satu monster jalanan karena dibekali tenaga besar. Bisa dibayangkan jika telah disuntik supercharger.

Prinsip kerja supercharger mirip dengan turbocharger, sama-sama memanfaatkan turbin untuk meningkatkan suplai udara yang masuk ke ruang bakar. Bedanya sumber tenaga untuk memutar turbin pada supercharger menggunakan tenaga mesin itu sendiri, pada mobil umumnya menggunakan belt pengubung dari mesin ke turbin. Sedang turbocharger memanfaatkan tekanan gas buang.

Karena tekanan gas buang sangat bergantung pada putaran mesin, maka turbocharger dirasa cocok untuk mendongkrak tenaga di putaran atas. Sedang supercharger langsung bekerja maksimal sejak putaran mesin rendah meski sedikit memberikan beban tambahan pada mesin.

Kawasaki meyakini bahwa nyawa dari teknologi ini adalah pada kipas di dalam turbin yang harus mampu mengatasi panas ekstrim dan getaran pada saat berputara di kecepatan tinggi. Kawasaki juga mengakui bahwa aplikasi teknologi ini adalah untuk mendapatkan efisiensi maksimum pada performa sepeda motornya.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine