DETAIL NEWS

Selama Arus Mudik Lebaran 2022, Jalan Tol Diberlakukan Sistem Ganjil Genap dan One Way

Date : 14 April 2022 , Post Via : Tim Konten, Views : 1053

Selama Arus Mudik Lebaran 2022, Jalan Tol Diberlakukan Sistem Ganjil Genap dan One Way

Pasalnya, ada pelonggaran terkait mudik tahun ini yakni memperbolehkan masyarakat untuk melakukan mudik lebaran tahun ini dengan syarat telah divaksinasi lengkap dan booster.

Presiden Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi telah mengumumkan kepada masyarakat sejumlah pelonggaran terkait pandemi Covid-19 menjelang bulan Ramadhan pada tahun ini.

Maka dari itu, kebijakan one way dan gage diterapkan karena volume kendaraan pemudik diprediksi akan cukup tinggi pada tahun 2022.

"Pada pelaksanaan mudik akan kita terapkan kebijakan one way dan ganjil genap bersamaan," ujar Firman saat konferensi pers secara virtual melalui YouTube Ditjen Perhubungan Darat, dikutip  dari laman PMJ News pada Rabu, 13 April 2022.

"Dari hasil perhitungan para ahli di bidang jalan, apabila kondisi normal jalan kapasitas itu harus menerima arus lalu lintas 47 persen sekitar 200 ribu kendaraan yang akan mudik secara bersamaan, itu dikategorikan sebagai kendaraan tidak bergerak," kata Firman.

Firman juga mejelaskan apabila langkah kebijakan satu arah tersebut tidak dilakukan, maka dikhawatirkan kendaraan pemudik tidak bergerak di jalan tol. Selain one way, Polri juga akan menerapkan contraflow saat mudik.

"Dibutuhkan manajemen kapasitas jalan yaitu paling sederhana kita akan menambah satu lajur berupa contraflow, jika masih kurang kita akan melakukan one way dari arah Jakarta menuju arah timur," katanya.

"Dengan catatan pada saat one way diterapkan tentunya ada konsekuensi para pemakai jalan yang akan menggunakan jalur tol ke arah Jakarta tentunya tidak akan bisa masuk jalan tol," ujarnya.

Nantinya akan ada petugas di lapangan yang akan memandu penerapan one way di tol, Sehingga masyarakat tidak perlu menunggu terlalu lama untuk masuk tol arah Jakarta.

"Nanti akan ada petugas yang memandu tidak akan membiarkan anggota masyarakat memasuki tol gate masing-masing, tapi akan diluruskan mengarah melalui jalur arteri untuk menghindari pemborosan bahan bakar, waktu tunggu yang lama," Kata Firman.



contoh bottom frame
x