Ini dia Sejarah L2 Series, Motor Pertama 2-tak Yamaha di Indonesia
Feders, sebelum Yamaha RX-King bertengger sebagai raja motor sport di tahun 1990-2009, Yamaha juga sempat merajai kelas 100 cc di era 1970an.
Adalah Yamaha L2 (series) yang sempat berkiprah di tanah air sebagai motor sport pertama Yamaha Indonesia.
Awal masuk secara resmi ke tanah air tahun 1976, masih rakitan Jepang.
L2 mengadopsi mesin 2 tak dengan kapasitas silinder 97cc dan manggunakan teknologi sistem pelumasan autolube, sederhananya sih oli sampingnya terpisah dengan tangki bahan bakar.
Di jamannya L2 bersaing dengan Honda S90 (4-tak) dan Suzuki A100 (2-tak).
Pertama melantai Yamaha L2 (1976-1979) menggunakan mesin transmisi 3 speed, lampu penerangan utama dan belakang serta sein mengambil desain lampu bulat.
Begitu pun awal 1980 ketika Yamaha L2G, dan L2 Super berikutnya diluncurkan.
Bedanya pada masa ini, walau masih menggunakan sistem pengapian platina, L2G sudah menggunakan transmisi 4 percepatan.
Pada tahun-tahun berikutnya persaingan di kelas motor sport semakin berat, Astra dengan Honda S90z-nya gencar merakit CKD di indonesia.
Sementara Yamaha sebagai kompetitor tedekat saat itu menyikapinya dengan merilis L2 Super di tahun 1984, dan lampu-lampunya yang berubah desain menjadi kotak.
Selain itu pada L2 Super series terakhir ini, sistem pengapiannya diupgrade menjadi CDI.