Beranda / Moto2 / Intip

Intip Layout Sirkuit Sentul Karya Hermann Tilke

Tanggal : , Penulis : emir

Intip Layout Sirkuit Sentul Karya Hermann Tilke

Kabar tentang Sirkuit Internasional Sentul yang akan kembali menggelar balap MotoGP nampaknya bukan isapan jempol belaka. Setelah beberapa waktu lalu Hermann Tilke sang engineer terkenal yang turut merancang beberapa sirkuit kelas dunia ini hadir di Sentul, kali ini beredar layout sirkuit garapannya.

Tilke merupakan salah satu dari tiga kandidat disainer yang akan melakukan renovasi sirkuit Sentul. Dari layout baru yang dibuat oleh Tilke terlihat perubahan karakter sirkuit Sentul. Sentul akan menjadi sirkuit high speed namun sedikit tricky.

Hampir seluruh bagian mendapatkan sentuhan dari mantan pebalap yang turut mendisain sirkuit Sepang Malaysia, Sakhir Bahrain, Shanghai International Circuit, Istanbul Park Racing Circuit, dan Valencia Street Circuit.

Ubahan yang dilakukan Tilke ini bukanlah tanpa alasan, dirinya yang sudah sarat pengalaman mengetahui bahwa para pebalap MotoGP menyukai sirkuit berkarakter cepat. Dari ubahan yang dilakukan terlihat hanya tikungan 10 dan 11 lah yang masih seperti sedia kala.

Desain baru ini membuat panjang Sentul bertambah 0,38 km, dari semula 4,12 km menjadi 4,4 km. Belum ada konfirmasi pasti mengenai biaya renovasi, namun kabarnya butuh minimal Rp 300 miliar untuk memugar Sentul menjadi Grade A, agar sesuai dengan standar MotoGP.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine