Beranda / Moto2 / Cerita

Cerita Dibalik Kesuksesan Marquez di Jerez

Tanggal : , Penulis : admin

Cerita Dibalik Kesuksesan Marquez di Jerez

Foto : motogp.com

Pembalap tim Honda yang baru kali pertama mendebut di MotoGP, Marc Marquez memang tampil mengejutkan di musim 2013 ini. Salah satunya adalah setelah berhasil menekuk duo Yamaha di Sirkuit Jerez, Spanyol (5/5).

Marquez yang menempati pole position sempat melorot hingga berada di belakang Valentino Rossi. Namun dalam waktu yang cukup singkat, ia mampu mengatasi perlawanan idolanya tersebut dan langsung mengarahkan bidikannya ke pembalap di depannya, Jorge Lorenzo.

MotoGP Jerez kali ini memang bukan milik Yamaha. Terbukti, Lorenzo yang sebelumnya memimpin harus di overtake Dani Pedrosa. Rekan setim Marquez ini pun langsung meninggalkan Lorenzo. Dan, pertarungan seru pun terjadi di perebutan tempat kedua antara Marquez dan Lorenzo.

Berlangsung cukup ketat hingga lap terakhir, Lorenzo yang lengah di tikungan akhir (Lorenzo's corner) memberikan ruang yang cukup untuk Marquez untuk masuk. Meskipun terjadi benturan, Marquez bisa menaklukan Lorenzo di tikungannya sendiri.

Kesuksesan Marquez finish di tempat kedua MotoGP Jerez sebenarnya bukan tanpa kendala teknis. pada sesi tes motornya mengalami kendala pada setting suspensi depan dan belakang serta setting kelistrikan kurang tepat.

Namun, ia mendapatkan solusi pada saat balap dimana ia menemukan cara pengereman yang tepat agar motornya tetap stabil.

“Sesi pengetesan usai MotoGP Jerez, sangat positif bagi kami. Sesi tes diawali dengan setting yang sama dan dari sana tim melakukan pengembangan. Kami juga mencoba setting baru suspensi depan, belakang dan sistem kelistrikan. Ya memang ada beberapa bagian yang bekerja kurang maksimal, tapi yang terpenting masalah yang ada saat balapan sudah hilang. Lap tercepat di sana pun cukup konsisten,” ungkap Marquez.   

Sementara itu, Rossi yang finish di posisi keempat MotoGP Jerez mengatakan tim Yamaha harus bekerja ekstra keras agar performa motor mereka lebih baik.

“Yamaha harus bekerja lebih keras, sebab sekarang kubu Honda lebih kencang ketimbang kami. Makanya penting untuk menemukan keseimbangan yang lebih paten. Hal lain yang membuat kami tak optimal adalah performa motor yang masih jauh lebih takjub lagi, adalah performa Honda yang cukup kuat. Padahal ekspektasi kami sebelumnya, Yamaha akan lebih kuat di Jerez. Ternyata tidak demikian adanya,” buka Rossi.

Apakah pertarungan pembalap tim Honda dan Yamaha akan berlanjut di seri LeMans?

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine